Inilah Macam-Macam Penyakit Pasca Banjir

3,832

Inilah Macam-Macam Penyakit Pasca Banjir

Memasuki musim hujan, masyarakat diharapkan bisa menerapkan sikap waspada terkait beberapa potensi bencana yang biasa terjadi saat musim hujan, salah satunya adalah banjir.

Banjir adalah salah satu masalah lingkungan yang tidak hanya dapat memberikan dampak terhadap lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat khususnya yang terdampak oleh banjir itu sendiri

Macam-Macam Penyakit Pasca Banjir.

Genangan air kotor yang ada disekitar kita saat banjir, akan memunculkan berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Diare, yang diakibatkan oleh makanan yang terkontaminasi atau mengandung bakteri, virus atau parasit.

  2. Demam Berdarah Dengue (DBD), yang berasal dari nyamuk dengue dan banyak berkembang biak pada genangan-genangan air.

  3. Leptospirosis, penyakit ini dapat terjadi akibat bakteri leptospira yang menginfeksi manusia melalui kontak dengan air atau tanah yang masuk kedalam tubuh melalui selaput lendir mata atau luka lecet pada bagian tubuh.

  4. Penyakit kulit, seperti infeksi jamur hingga kurap yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gatal hebat pada kulit.

  5. ISPA, atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut sebagai akibat dari adanya infeksi pada saluran napas oleh virus atau bakteri yang muncul pada lingkungan tidak sehat.

Mengetahui berbagai penyakit pasca banjir tersebut, diharapkan bisa memberikan tambahan informasi kepada masyarakat untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta menjaga lingkungan untuk meminimalisir potensi banjir di lingkungan sekitar kita.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat banjir, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.