5 Cara Mencegah Penyakit Pasca Banjir

1,997

5 Cara Mencegah Penyakit Pasca Banjir

Bencana banjir yang banyak terjadi saat musim hujan berlangsung, telah memberikan dampak yang cukup serius bagi kehidupan masyarakat. Mulai dari rusaknya akses jalan penghubung seperti jembatan, lingkungan yang kotor, terganggunya mobilitas hingga kerusakan pada rumah masyarakat.

Tidak hanya itu, dampak banjir yang terjadi juga dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat. Genangan air kotor yang masuk hingga rumah masyarakat, banyak menyebabkan berbagai potensi penyakit seperti penyakit kulit, Diare hingga Penyakit leptospirosis.

Tips Mencegah Penyakit Pasca Banjir

Melihat kondisi tersebut, penting bagi kita untuk menerapkan sikap waspada dengan mencegah bakteri atau kuman yang membuat kita sakit. Berikut ini adalah beberapa tips mencegah penyakit pasca banjir yang perlu untuk dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Cuci kaki dan tangan yang terkena genangan banjir menggunakan air bersih dan sabun agar kuman penyebab gatal-gatal bisa mati.

  2. Upayakan agar tubuh atau kulit tidak terkena genangan banjir dalam waktu yang lama, terutama pada bagian kulit yang memiliki luka, karena akan bisa menyebabkan infeksi pada kulit serta tubuh.

  3. Bagi masyarakat yang terdampak banjir, usahakan untuk bisa menggunakan psksisn yang lengkap seperti sepatu dengan sol keras dan sarung tangan.

  4. Tidak membiarkan anak-anak memanfaatkan musibah banjir menjadi area bermain, hal ini dikarenakan genangan banjir bukanlah air bersih dan tidak baik untuk kesehatan anak.

  5. Apabila merasa gatal, gunakan obat antiseptik.

Dengan menerapkan beberapa tips mencegah penyakit pasca banjir diharapkan dapat memberikan tambahan informasi kepada masyarakat, sehingga meminimalisir potensi terserang penyakit saat banjir melanda, sehingga aktivitas harian dapat tetap berjalan dengan lancar.

Segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat apabila mengalami gejala penyakit akibat banjir, agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.