Pemerintah Siagakan PSC119 untuk Penanganan Gempa DI Yogyakarta

416

Pemerintah Siagakan PSC119 untuk Penanganan Gempa DI Yogyakarta

Gempa bumi kembali terjadi di wilayah Indonesia. Kali ini, gempa bumi terjadi di Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunung Kidul, DI. Yogyakarta tepat pada 30 Juni 2023 pada pukul 19:57 WIB.

Menurut data dan informasi yang dikeluarkan oleh BMKG, gempa dapat dirasakan dengan magnitudo 6.4, dan berpusat di Laut 68 km Barat Daya Bantul.

Saat ini diketahui bahwa dampak dari gempa bumi di beberapa daerah di Yogyakarta tersebut cukup merata dan beragam di berbagai lokasi, mulai dari rusaknya rumah maupun fasilitas publik hingga kesehatan. Selain itu, diketahui juga bahwa terdapat beberapa korban luka yang saat ini telah mendapatkan penanganan.

Dalam pelaksanaannya, Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan telah menyiapkan tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan terdekat dengan wilayah gempa sehingga proses penanganan dapat dilakukan secara cepat dan tepat, sehingga korban serta masyarakat bisa mendapatkan penanganan dan edukasi kesehatan di lokasi bencana sedini mungkin.

Selain itu, Tenaga Cadangan Kesehatan (TCK)-Emergency Medical Team (EMT) juga sudah siap diterjunkan ke lokasi gempa bila sewaktu waktu dibutuhkan

Dengan kondisi saat ini, masyarakat diharapkan bisa tetap waspada dengan menghindari bangunan rusak maupun retak akibat dampak dari gempa bumi yang terjadi. Selain itu, masyarakat juga diharapkan segera melakukan pemeriksaan sedini mungkin apabila mengalami cedera saat melakukan evakuasi gempa maupun gejala penyakit lainnya.

Pastikan juga bahwa kondisi rumah kita adalah bangunan tahan gempa, sehingga tidak ada kerusakan yang terjadi akibat getaran yang dihasilkan oleh gempa.

Sumber =

Sehat Negeriku