Menlu Australia Bersama Menkes Kunjungi Puskesmas Setiabudi

1,066

Menlu Australia Bersama Menkes Kunjungi Puskesmas Setiabudi

Di sela-sela pertemuan dengan para Menlu ASEAN, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan melakukan kunjungan ke Puskesmas Setiabudi, Jakarta Selatan bersama dengan Penny Wong selaku Menteri Luar Negeri Australia pada tanggal 12 Juli 2023.

Diketahui bahwa agenda kunjungan tersebut adalah untuk melihat secara langsung proses pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas, salah satunya adalah layanan imunisasi dasar rutin pada anak.

Pada pertemuan tersebut, Menteri Kesehatan bersama Menlu Australia juga sempat berbincang perihal sistem pencatatan imunisasi digital melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu atau yang disingkat dengan ASIK.

ASIK sendiri merupakan sebuah aplikasi mobile yang dikembangkan dan diperuntukkan untuk pencatatan berbasis individu pada layanan kesehatan primer.

Tepat per 20 Juni 2023, aplikasi ASIK telah digunakan di 96,2% atau sebanyak 9,987 Puskesmas di seluruh Indonesia untuk melakukan pencatatan imunisasi dan pencatatan skrining penyakit tidak menular.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Menkes dan Menlu Australia juga turut membahas kerjasama dibidang kesehatan yang telah dilakukan sebelumnya. Menkes menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada pemerintah Australia atas dukungan dan bantuan yang sangat berarti kepada Pemerintah Indonesia.

Pada saat yang sama, Menteri Luar Negeri Australia juga memberikan apresiasi atas kerjasama antara Indonesia dan Australia di bidang kesehatan. Selain itu juga disampaikan bahwa Menlu Australia merasa senang telah mendapatkan kesempatan untuk melihat sistem kesehatan Indonesia secara langsung.