Kunjungan ASEAN EMERGENCY OPERATIONS CENTRE (EOC) NETWORK ke EOC Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan

247

Kunjungan ASEAN EMERGENCY OPERATIONS CENTRE (EOC) NETWORK ke EOC Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan

Jakarta, 4 Februari 2024

Pusat Krisis Kesehatan menerima kujungan negara  anggota  ASEAN Emergency Operations Centre (EOC) Network, di ruang Command Center Pusat Krisis Kesehatan, pada Senin 4 April 2024.  Sebanyak 27 peserta hadir mewakili semua EOC negara ASEAN serta mitra ASEAN, seperti China, Jepang, Korea Selatan, Russia, Inggirs, dan Amerika Serikat, serta ASEAN Secretariat. Kujungan ini bertujuan untuk  melihat secara langsung EOC dan Public Health Emergency Operations Centre (PHEOC) Indonesia yang sudah berjalan baik

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pertemuan pelaksanaan  ASEAN EOC Network Phase 2 Wrap-Up Meeting yang dilaksanakan selama 2 hari tanggal 3-4 Maret 2024. Pertemuan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian . Tujuan Pertemuan adalah untuk mendiskusikan kelanjutan kegiatan dibawah ASEAN EOC Phase 2 yang mana di Phase 1 banyak berupa sharing informasi dan capacity building yang melibatkan mitra ASEAN, seperti China, Jepang, Korea Selatan, Russia, Inggirs, dan Amerika Serikat dan ASEAN    juga banyak membantu technical expert untuk implementasi kegiatan kerja sama kesehatan lainnya.

ASEAN Emergency Operations Centre (EOC) Network for Public Health merupakan inisiatif sektor kesehatan ASEAN yang dipimpin oleh Malaysia, menyediakan platform bagi Negara Anggota ASEAN untuk berbagi informasi secara tepat waktu melalui berbagai mekanisme komunikasi tekait krisis kesehatan dan/atau pencegahan dan pengendalian penyakit.  

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan maanfaat, bertukar wawasan, dan membuka peluang untuk sinergi dan kerja sama yang lebih besar dalam kesiapsiagaan dan tanggap darurat. Bersama-sama, kita dapat berupaya membangun komunitas ASEAN yang lebih aman, sehat, dan tangguh.