Penyebab Terjadinya Angin Topan

Share
By Webmaster September, 18 2017 Intermezo
Penyebab Terjadinya Angin Topan

Angin topan adalah pusaran angin yang sangat kencang hingga mencapai kecepata 120 km per jamnya hingga pada level tertinggi bisa mencapai 250 km per jamnya. Angin topan yang melanda bumi tak jarang akan menimbulkan berbagai masalah. Kerusakan akan terjadi dimana mana, rumah hingga infrastruktur jalan rusak dihantam angin topan. Bukan hanya itu, angin topan juga bisa menimbulkan korban jiwa.

Angin topan biasanya akan terjadi diwilayah pembagian musim yang beriklim tropis yang berada diantara garis balik selatan dan utara Namun angin topan ini tidak melanda pada daerah yang berdekata dengan garis khatulistiwa. Sehingg sangat jarang angin topan terjadi di Indonesia.

Penyebab Angin Topan

  •          Angin topan terjadi karena mendapatkan tekanan udara yang sangat berbeda sehingga tekanan udara tersebut akan membentuk sebuah pusaran dalam sistem cuaca. Angin topan cenderung terjadi di samudera karena tekanan udaranya yang lebih berbeda dibandingkan dengan yang ada di daratan. Biasanya angin topan lebih berpotensi muncul saat musim kemarau
  •          Lebih pastinya, angin topan terjadi karena ketika siang hari suhu udara menjadi sangat panas, Lebih jelasnya angin topan terjadi karena pada saat tengah hari saat suhu udara menjadi sangat panas, lapisan atmosfer bumi juga akan menerima suhu panas yang lebih besar namun tekanan udaranya rendah. Hal tersebut yang membuat terjadinya perpindahan tekanan udara dari tempat yang memiliki suhu rendah menuju tempat yang lebih tinggi.
  •          Angin topan biasa terjadi diwilayah Samudera yang dekat dengan garis khatulistiwa seperti samudera pasifik dan laut atlantik. Angin topan atau di Indonesia juga dikenal sebagai angin badai biasanya datang secara mendadak namun sebelum itu telah terjadi proses pembentukan pusaran angin yang berlangsung selama beberapa jam.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait