PENGUKUHAN DASIPENA PPK REGIONAL SULAWESI UTARA

Share
By November, 18 2009
PENGUKUHAN DASIPENA PPK REGIONAL SULAWESI UTARA

Menteri Kesehatan Dr. dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH telah mengukuhkan sebanyak 1.500 orang Pemuda Siaga Peduli Bencana (DASIPENA) untuk wilayah PPK Regional Sulawesi Utara, pada Selasa tanggal 17 November 2009 bertempat di Gedung Convention Center, Manado.

Menteri Kesehatan Dr. dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH telah mengukuhkan sebanyak 1.500 orang Pemuda Siaga Peduli Bencana (DASIPENA) untuk wilayah PPK Regional Sulawesi Utara, pada Selasa tanggal 17 November 2009 bertempat di Gedung Convention Center, Manado. Pengukuhan DASIPENA PPK Regional Sulawesi Utara bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-45 dihadiri oleh Drs. S.H. Sarundajang (Gubernur Provinsi Sulawesi Utara), dr. Rustam S. Pakaya, MPH (Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Depkes), dr. Lily S. Sulistyowati, MM (Kepala Pusat Komunikasi Publik), dr. Bambang Sardjono, MPH (Direktur Bina Kesehatan Komunitas, Ditjen Binkesmas) serta Vanda Sarundajang (anggota DPR Komisi IX). Pengukuhan DASIPENA ini merupakan pengukuhan yang kedelapan setelah PPK Regional Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Bali, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan serta DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyatakan bahwa Departemen Kesehatan selalu memantau setiap kejadian yang berdampak pada masalah kesehatan dan memberikan dukungan sepenuhnya untuk merespons dengan cepat, tepat dan efisien. Beliau juga menghimbau kepada Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Dinas Kesehatan, beserta aparat kesehatan lainnya, terutama di daerah yang rawan bencana, untuk selalu waspada dan mensiagakan tim reaksi cepat kesehatan yang tanggap sehingga dapat memberikan bantuan kepada masyarakat secara cepat dan tepat. Terutama pemuda sebagai komponen masyarakat yang tanggap, dapat menjadi faktor kunci dalam menyelamatkan nyawa dan mengurangi penderitaan korban.

Setelah PPK Regional Sulawesi Utara, juga akan menyusul dibentuknya DASIPENA PPK Regional Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam. Dengan total petugas DASIPENA mencapai 29.800 orang. Menteri Kesehatan mengharapkan DASIPENA menjadi salah satu bagian Tim Kesehatan pertama yang dapat dimobilisasi selama masa tanggap darurat dan mendukung pelayanan kesehatan setempat untuk penanganan korban secara cepat dan tepat.

Dalam acara pelantikan tersebut, sejumlah anggota DASIPENA PPK Regional Sulawesi Utara memeragakan simulasi pertolongan terhadap korban bencana.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait