Mengelola Air Hujan Sebagai Solusi Mengatasi Kekeringan

Share
By Webmaster October, 27 2017 Tips Siaga Bencana
Mengelola Air Hujan Sebagai Solusi Mengatasi Kekeringan

Musim kemarau berkepanjangan yang terjadi di Indonesia ini memiliki dampak kepada masyarakat. Bagaimana tidak, saat musim kemarau banyak wilyah yang mengalami kekeringan, kekurangan air bersih bahkan tanaman harus mati akibat kekurangan. Bukan pertama kali Indonesia mengalami kekeringan, hampir setiap tahunya saat musim kemarau beberapa wilayah mengalami kekeringan.

Mengatasi masalah kekeringan sebenernya bisa dilakukan dengan dengan mengubah budaya masyarakat dan beberapa pihak terkait. Budaya tersebut adalah dengan mempersiapkan diri untuk menghadapi bencana kekeringan.

Masih belum dilakukannya budaya "memanen" dan "menabung" air hujan oleh masyarakat dan pemerintah daerah, hal ini membuat tidak ada air dimasyarakat saat musim kemarau. Ketidaksiapan masyarakat inilah yang menimbulkan penderitaan kekeringan di berbagai daerah.

Oleh sebab itu kegiatan "memanen" dan "menabung" air hujan harus sudah dilakukan oleh masyarakat tertuma yang rawan bencana kekeringan. Kegiatan ini bisa juga dijadikan untuk meningkatkan kesiapan  masyarakat menghadapi bencana kekeringan

Cara ini bisa dilakukan secara preventif (sebelum terjadi kekeringan) dan kuratif (saat terjadi kekeringan). Cara preventif adalah upaya antisipasi dan persiapan yang dilakukan saat musim hujan, sementara cara kuratif adalah dengan menggunakan cara-cara pragmatis emergency, misalnya dengan mencari sumber-sumber air, menunggu droping air dan membeli air dan sebagainya.

Cara preventif memanen dan menabung air hujan adalah dengan menampung air hujan ketika musim hujan menggunakan PAH, memasukan air hujan ke sumur resapan dan membuat ekodrainase dengan jargon TRAP (Tampung,Resapkan,Alirkan dan Pelihara).

Sementara cara kuratif dengan mencari sumber air/mata air yang masih tersisa di sumber-sumber air sepanjang sungai, sumber air pada sungai bawah tanah, sumber air pada sekitar danau, telaga dan situ, sumber air sekitar rawa, sumber air pada daerah sekitar dan sepanjang saluran irigasi dan drainase.

 

https://ugm.ac.id/id/berita/14789-pakar.ugm:.kelola.air.hujan.solusi.mengatasi.kekeringan

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait