Manfaat Troposfer Untuk Kehidupan

Share
By Webmaster September, 15 2017 Intermezo
Manfaat Troposfer Untuk Kehidupan

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan Atmosfer, ya Atmosfer adalah  lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet dari permukaannya sampai planet tersebut jauh diluar angkasa. Atmosfer memiliki banyak lapisan yang menyusunnya yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer serta eksosfer. Masing masing lapisan memiliki fungsi untuk kelangsungan makhluk hidup di bumi. Salah satunya adalah Troposfer.

Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling dekat dengan bumi dan menempati lapisan atmosfer terendah. Troposfer memiliki ketebalan sekitar 16 km di khatulistiwa, sedangkan kutub ketebalannya mencapai 7-8 km. ketebalan rata-rata lapisan troposfer dari permukaan bumi yaitu 11 km.

Dari lapisan Troposfer lah akan munculnya beberaga kejadian atau fenomena cuaca seperti awan, hujan, petir, kabut dan fenomena alam lainnya. Suhu udara di lapisan troposfer ini mencapai -60 C. bukan hanya itu troposfer juga memiliki manfaat untuk kehidupan. Dan berikut adalah manfaatnya.

Manfaat Troposfer Untuk Kehidupan

Terjadinya cuaca

Lapisan troposfer adalah satu satunya lapisan atmosfer yang dapat terjadinya cuaca serta fenomena alam yang ada di bumi seperti hujan, angin darat, angin laut,  awan, petir, kabut serta fenomena alam lain. Manusia mengetahui cuaca yang ada dibumi dengan melihat lapisan troposfer dari permukaan bumi.

Lapisan yang memiliki uap air

Lapisan troposfer adalah lapisan yang memiliki uap air. Dimana uap air merupakan elemen penting untuk kehidupan manusia, berbeda dengan lapisan atmosfer lainnya yang tidak memiliki uap air. Suhu di permukaan troposfer rendah. Kerendahan suhu pada lapisan troposfer ini menyebabkan uap air tidak bisa menembus kelapisan atmosfer yang lebih tinggi.

Tempat terjadinya hujan

Hujan sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup karena menjadi sumber air yang sangat penting untuk kehidupan dibumi. Troposfer merupakan lapisan yang memliki uap air yang nantinya akan segera mengalami kondensasi sebelum mencapai tropopuse kemudian akan jatuh lagi kembali ke bumi dalam bentuk struktur bumi yang lain yaitu berbentuk cair yang biasa disebut dengan hujan.

Sumber udara yang dibutuhkan untuk kehidupan

Lapisan ini merupakan lapisan yang paling banyak mengandung karbondioksida yang banyak diperlukan bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup yang ada di bumi dan merupakan ruang publik untuk kehidupan.

Lapisan melajunya pesawat terbang

Perlu diketahui, pesawat terbang yang melintas ternyata menggunakan lapisan troposfer. Pesawat sekarang telah memudahkan manusia untuk melakukan perjalanan jauh ke berbagai negara dengan waktu yang singkat dan tempat yang nyaman melalui jalur udara yaitu melalui lapisan troposfer ini.

 

Sumber : ilmugeografi

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait