Langkah Mencegah Terjadinya Erosi Tanah

Share
By Webmaster September, 06 2017 Tips Siaga Bencana
Langkah Mencegah Terjadinya Erosi Tanah

Tentu kita sudah sering mendengar mengenai erosi tanah yang terus terjadi di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan kondisi tanah di Indonesia yang mudah untuk terjadinya pengikisan tanah, ditambah lagi dengan iklim yang ada disini dan juga curah hujan yang tinggi. bagi daerah yang memiliki curah hujan tinggi seperti di Sumatera dan Jawa dan juga jenis tanah yang mudah erosi semakin memperparah kondisi tersebut.

Lambatnya penanganan mengenai erosi tanah membuat semakin rusaknya ekosistem disekitar terjadinya erosi tersebut. saat ini, tingkat kerusakan tanah hampir terjadi diseluruh wilayah Indonesia. Masih minimnya pengetahuan bercocok tanah dikalangan petani menjadi salah satu penyebab utama, oleh karena itu diperlukan upaya konservatif untuk mencegah terjadi erosi tanah.

Secara garis besar, Erosi juga bisa terjadi karena air dan angin. Di Indonesia erosi sering terjadi karena pengikisan tanah oleh air. Erosi  terjadi ketika tidak adanya vegetasi yang tumbuh diatas tanah tersebut, sehingga air langsung meresap tidak tertahan di akar pohon. Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya erosi? Berikut adalah carany

Cara Mencegah Erosi

Konservasi Tanah

Konservasi tanah merupakan serangkaian upaya dan strategi untuk mencegah dan menghambat proses terjadinya pengikisan tanah. Saat melakukan konservasi tanah, pemilihan jenis vegetasi penutup lahan harus diperhatikan sebab Untuk mengembalikan fungsi tanah yang terlanjur rusak diperlukan vegetasi yang sifatnya mampu bertahan kondisi tanah yang ekstrim.

Membuat Terasering

Terasering termasuk cara yang sering digunakan untuk mencegah erosi. Cara ini adalah dengan membuat teras demi teras seperti tangga pada lahan yang miring sehingga ketika hujan turun air tidak langsung mengalir begitu saja sehingga proses terjadinya pengikisan tanah bisa ditekan seminimal mungkin. Dengan membuat sistem lahan yang berteras seperti ini akan membuat tanah semakin stabil begitu juga sangat baik untuk tanaman yang tumbuh di atas tanah tersebut.

Countor Farming

Countor Farming adalah sistem penanaman berdasarkan garis kontur suatu tanah sehingga sistem perakaran tanaman jadi semakin kuat sehingga bisa menahan tanah ketika terjadi hujan deras. Pembuatan sistem kontur tanah ini seperti membuat perangkap tanah sehingga tidak mudah hanyut terbawa air, membuat teras bangku atau gundulan.

Melakukan Reboisasi

Reboisasi menjadi salah satu cara preventif yang paling signifikan pengaruhnya. Penyebab erosi bukan hanya karena buruknya sistem bercocok tanam namun juga bisa terjadi karena dampak kerusakan hutan yang gundul akibat ulah manusia. Sangat baik, jika sudah melakukan penebangan pohon, lahan harus ditanami pohon kembali atau reboisasi.

 

Sumber : ilmugeografi

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait