Langkah Darurat Memadamkan Api

Share
By Webmaster September, 12 2017 Tips Siaga Bencana
Langkah Darurat Memadamkan Api

Bencana kebakaran terus mengalami peningkatan setiap tahunnya sejalan dengan semakin bertambahnya pemukiman sehingga tingkat kecerobohan juga semakin meningkat. Kebakaran umumnya terjadi akibat korsleting listrik, namun kebakaran juga bisa terjadi akibat ulah manusia, seperti puntung rokok yang dibuang sembarangan, atau anak anak yang bermain lilin dan api.

Kebakaran yang terjadi akan menghanguskan harta benda dan menghancurkan rumah. Bukan Cuma itu, kebakaran juga bisa menimbulkan korban jiwa. Oleh sebab itu meminimalisir risiko kebakaran  sangat penting. Berikut kami berikan tips cara memadamkan api dengan cepat.

Kebakaran karena tabung gas elpiji

Kebakaran yang diakibatkan karena tabung gas elpiji sering terjadi dan sangat berdampak buruk. Oleh sebab itu, kita perlu  mengetahui indikasi terjadinya kebocoran pada tabung gas dan juga kita juga harus mengetahui langkah apa yang harus dilakukan bila menemukan tabung gas yang bocor sehingga kebakaran besar bisa dicegah.

Langkah-langkah yang harus di lakukan bila menemukan tabung gas LPG yang bocor

  •          Lepaskan regulator, bawa tabung keluar ruangan dan letakkan ditempat terbuka
  •          Jangan menyalakan api atau menghidupkan listrik
  •          Bawa tabung gas ELPIJI tersebut ke Agen atau penjual gas elpiji.

Kebakaran Akibat Listrik

Kebakaran akibat listrik adalah penyebab kebakaran yang sering terjadi di Indonesia. Kebakaran ini terjadi karena arus pendek atau meledaknya sekring.

Cara darurat memadamkannya yaitu, cabut sikring listrik lalu jatuhkan breaker (stop kontak) setelah sekring dicabut. Padamkan api dengan alat pemadam api. Jika tidak ada, gunakan karung goni atau lap yang basah. Hindari memadamkan dengan air karena risiko tersetrum semakin tinggi

Kebakaran akibat main api atau lilin

Tidak sedikit kasus kebakaran terjadi karena anak main api atau lilin. Langkah yang dilakukan adalah segera padamkan api sebelum membesar. Padamkan api menggunakan air, anda juga bisa berteriak minta tolong kepada tetangga untuk membantu memadamkan api.

 

 

Sumber : http://bpbd.bone.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=221:langkah-darurat-memadamkan-api&catid=72:artikel&Itemid=148

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait