Jenis Tindak Penyelamatan dalam Penanggulangan Bencana

Share
By Webmaster October, 20 2017 Intermezo
Jenis Tindak Penyelamatan dalam Penanggulangan Bencana

Sering terjadi bencana dan kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor alam ataupun human eror (kurangnya kehati-hatian dalam melakukan aktifitas) membuat siapa saja memiliki risiko dan membutuhkan perhatian tinggi. Apalagi bencana bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan saja.

Untuk bisa memberikan bantuan pertolongan kepada para korban r para personel penyelamat (rescuer) diperlukan memiliki kemampuan penyelamatan. Kemampuan ini pada dasarnya sama namun lebih teknis kemampuan ini berkaitan dengan jenis penyelamatan itu sendiri. Dan berikut beberapa macam tindak penyelamatan (rescuing) :

  1. Air Rescue (Penyelamatan di Udara)
    Air Rescue merupakan sebuah penyelamatan korban yang berada disuatu kawasan dengan melalui udara. Penyelamatan ini bisa dilakukan dilaut atau didarat. Namun tim rescue menggunakan jalur udara untuk memudahkan pertolongan. Biasanya tim ini akan diterjunkan ketika akses untuk menuju lokasi korban lebih sulit jika melewati jalur darat atau tidak adanya jalur darat seperti di laut

  2. Helli Rescue (Penyelamatan dengan Helikopter)
    Tindakan penyelamatan ini adalah dengan menggunakan helikopter sebaga media atau alat transportasi untuk menjangkau lokasi korban. Tim ini sama dengan air Rescue yaitu harus memiliki kemampuan khusus.

  3. Water Rescue (Penyelamatan di Air)
    Water rescue merupakan penyelamatan korban yang berada didalam air seperti, sungai rawa dan danau. Tim ini harus memiliki kemampuan berenang dan menyelam yang baik.

  4. Sea Rescue (Penyelamatan di Laut)
    Hampir sama dengan water rescue, namun sea rescue menyelamatkan korban yang berada dikawasan laut. Sea Rescue juga membutuhkan seorang rescuer yang mampu berenang dan menyelam di kawasan laut yang dalam.

  5. High Angle Rescue atau Vertical Rescue (Penyelamatan di Ketinggian)
    Jenis penyelamatan ini adalah melakukan penyelamatan kepada korban yang yang berada di daerah yang tinggi seperti tebing, menara, gedung atau bangunan yang tinggi.

  6. Mountain Rescue (Penyelamatan di Gunung)
    Penyelamatan ini dilakukan kepada korban yang berada didaerah gunung atau pegunungan. Biasanya penyelamatan ini dilakukan kepada para pendaki yang tersesat atau kejadian lainnya.

  7. Fire Rescue (Penyelamatan di Daerah Kebakaran)
    Fire Rescue adalah penyelamatan korban yang berada di daerah kebakaran. Umumnya kebakaran terjadi di kawasan yang ada penduduknya seperti kota. Faktor terjadinya kebakaran akan muncul sejalan dengan berkembangnya populasi dan kepadatann tempat tinggal daerah tersebut

 

 

 

http://bpbd.bogorkab.go.id/index.php/multisite/post/6470/macam---macam-tindak-penyelamatan-dalam-penanggulangan-bencana

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait