Gotong Royong Mencegah Banjir

Share
By Webmaster October, 04 2017 Tips Siaga Bencana
Gotong Royong Mencegah Banjir

Bencana banjir merupakan salah satu bencana yang sudah akrab ketika memasuki musim penghujan. Beberapa daerah di Indonesia menjadi daerah langganan banjir. Oleh sebab itu kita sebagai masyarakat harus bisa mencagah banjir. Pemberitahuan terkait pentingnya menjaga lingkungan merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh warga untuk bisa mencegah banjir.

Banjir terjadi bukan hanya hujan deras yang terjadi. Namun terjadi juga karena faktor manusia seperti tidak membuang sampah sembarangam dan tidak menjaga saluran air sehingga memperparah kondisi banjir yang terjadi. Melakukan sosialisasi merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan agar bisa mencegah terjadinya banjir.

Melakukan gotong royong dilingkungan rumah bisa menjadi langkah untuk menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan tentu bebas banjir. Berikut adalah 3 Cara untuk Mencegah Banjir :

  • Membersihkan Saluran Air
    Banjir bisa terjadi karena saluran air yang tidak bekerja sesuai fungsinya. Hal tersebut bisa terjadi karena rusak atau mampet karena sampah. Saluran air yang langsung terhubung ke sebuah sungai biasanya rentan tertutup sampah dan sangat berbahaya jika terjadi hujan deras karena air akan meluap. Oleh sebab itu tidak ada salahnya untuk gotong royong bersama tetangga untuk membersihkan saluran air. Sehingga nanti saat hujan air akan mengalir dan tidak tertahan yang menjadi penyebab utama banjir. Pembersihan tersebut harus dilakukan secara berkala.

  • Disiplin membuang sampah
    Tidak membuang sampah sembarangan merupakan kesadaran diri sendiri. Dibutuhkan kedisiplinan warga untuk membuang sampah di tempat sampah dan berakhir di tempat pembuangan akhir sampah.pengolahan sampah dengan baik sangat diperlukan untuk mencegah banjir. Sebab sampah menjadi faktor utama pemicu banjir semakin meluas.
  • Kerja Sama yang Baik dari Seluruh Pihak
    Bila kerjasama antar warga dan instansi terkait terjalin dengan baik, pencegahan banjir bisa dilakukan dengan mudah. Tentu saja jalinan warga dan pemerintah tetap harus dilakukan. Bila ada pembangunan di suatu wilayah oleh proyek tertentu dan hal itu akan mengganggu lancarnya saluran air, tentu warga harus segera melaoprkan ke pemerintah untuk diadakan sebuah tindakan yang tepat.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait