Cara Penanggulangan Bencana Banjir

Share
By Staff PKK May, 15 2017 Info Penting
Cara Penanggulangan Bencana Banjir

Hujan deras yang berkepanjangan dapat mengakibatkan bencana banjir yang sering melanda wilayah di Indonesia. Banjir yang tidak dapat dihindari dapat merusak lingkungan dan tempat tinggal bahkan dapat mengakibatkan krisis kesehatan yang berdampak kepada masyarakat terdampak bencana tersebut.

 

Berikut adalah beberapa cara untuk menanggulangi bencana banjir:

  1.       Membuat fungsi sungai dan selokan dapat bekerja dengan baik. Sungai dan selokan adalah tempat aliran air sehingga jangan sampai tercemar dengan sampah atau menjadi tempat pembuangan sampah yang akhirnya menyebabkan sungai dan selokan menjadi tersumbat.
  2.       Melakukan reboisasi tanaman khususnya jenis tanaman dan pepohonan yang dapat menyerap air dengan cepat.
  3.       Memperbanyak dan menyediakan lahan terbuka untuk membuat lahan hijau sebagai lokasi penyerapan air.
  4.       Berhenti membangun perumahan di tepi sungai, karena akan mengakibatkan penyempitan sungai.
  5.       Berhenti membangun gedung tinggi dan bersar yang akan mengakibatkan bumi semakin sulit menahan beban dan permukaan tahan semakin turun.
  6.       hindari penebangan pohon secara ilegal dan penebangan pohon yang terletak di tepi sungai, karena pohon berfungsi penting untuk menyerap air agar dapat mencegah bencana banjir terjadi.

 

Dengan melakukan cara penanggulangan banjir masyarakat dapat mencegah bencana banjir. Hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi bencana banjir yang seringkali terjadi di Indonesia.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait