BMKG : Fenomena Equinox adalah Fenomena Alamiah

Share
By Staff PKK March, 17 2017 Info Penting
BMKG : Fenomena Equinox adalah Fenomena Alamiah

Gambar Suhu Maksimum Harian dari BMKG

Menanggapi banyaknya berita yang beredar di masyarakat mengenai suhu udara di Indonesia bisa mencapai 40°C saat terjadinya fenomena equinox, BMKG memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait fenomena ini :

  1. Equinox adalah fenomena saat Matahari melintasi garis khatulistiwa dan terjadi berkala sebanyak 2 kali dalam setahun, tepatnya pada tanggal 21 Maret dan 23 September.
  2. Saat fenomena ini berlangsung, suhu di bagian bumi hampir sama, termasuk di beberapa daerah yang berada di subtropis Utara maupun Selatan.
  3. Adanya fenomena ini tidak selalu menyebabkan suhu udara mengalami peningkatan yang drastis, rata-rata suhu maksimal di Indonesia seperti yang telah diketahui adalah berkisar antara 32-26°C.
  4. Equinox bukan fenomena Gelombang Panas atau Heatwave yang mengakibatkan peningkatan suhu udara yang besar dan lama seperti yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah.
  5. BMKG memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak perlu mengkhawatirkan mengenai dampak dari fenomena Equinox ini seperti pada isu yang tengah beredar sekarang.
  6. Berdasarkan data prakiraan cuaca BMKG< saat ini wilayah Indonesia cenderung masih lembab/basah, di beberapa daerah saat ini sedang terjadi musim transisi atau pancaroba. Maka masyarakat tetap perlu waspada terhadap perubahan cuaca dan kondisi di luar yang cukup panas, tetap meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan keluarga juga lingkungan.

Sumber : http://bmkg.go.id/press-release/?p=fenomena-equinox-merupakan-fenomena-alamiah&tag=press-release&lang=ID

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait