3 Tahapan Yang Dilakukan Setelah Terjadi Bencana Tanah Longsor

Share
By Webmaster October, 13 2017 Tips Siaga Bencana
3 Tahapan Yang Dilakukan Setelah Terjadi Bencana Tanah Longsor

Bencana tanah longsor merupakan salah satu bencana yang cukup mematikan di Indonesia. Bagaimana tidak, hampir setiap tahun Wilayah Indonesia dilanda bencana tanah longsor. Kejadian ini akan menimbulkan kerugian cukup besar, bahkan bisa menimbulkan korban jiwa.  Oleh sebab itu bencana tanah longsor perlu dihindari.

Tanah longsor biasanya terjadi pada wilayah yang memiliki banyak lereng dengan kemiringan diatas 45 derajat. Biasanya bencana ini terjadi pada saat musim hujan dan masa puncak musim hujan. Oleh sebab itu masyarakat diminta untuk mewaspadai dan mempelajari tanda akan terjadinya tanah lonsor.

Kita memang tidak menghendaki terjadinya tanah longsor. Namun kita juga harus mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan sesaat setelah terjadinya bencana. Dengan mengetahui cara dan tahapan yang benar maka akan dapat mengurangi jatuhnya korban jiwa. Dan berikut 3 tahapan yang dilakukan setelah terjadi tanah longsor :

Kondisi Darurat

Kondisi ini yang mana suatu keadaan saat terjadinya bencana. Pada tahapan ini dimana harus bisa melakukan tindakan penyelamatan secara cepat dan efektif agar bisa mencegah korban jiwa semakin banyak. Dalam tahapan ini kita bisa menghubungi instansi terkait untuk bisa mengirimkan relawan dan tenaga medis ke lokasi bencana. Selain itu Upaya evakuasi terhadap semua korban yang masih selamat juga perlu dilakukan.

Proses Rehabilitasi

Tahapan ini termasuk upaya pemulihan kerusakan akibat bencana. Upaya pemulihan dilakukan dengan melakukan pembersihan sisa bangunan yang hancur dan material longsoran. Pada tahapan ini, semua bangunan , sarana dan prasarana yang rusak akan diperbaikai. Selain bangunan, kondisi psikologi para korban yang mengalami trauma pun harus segera dihilangkan agar tidak membebani kehidupannya.

Proses Rekontruksi

Ini merupakan tahap terakhir setelah terjadinya bencana yang meliputi melakukan penguatan terhadap semua sarana dan infrastruktur pada wilayah bencana longsor dan daerah lainnya yang berpotensi longsor.  rekontruksi juga dilakukan pada lereng yang sudah rusak dengan melakukan penanaman pohon sehingga bisa mencegah terjadinya bencana tanah longsor

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait